BADILAG LAUNCHING STANDAR FORMAT BAS DAN PUTUSAN MELALUI WEBSITE

Kamis (10/04/2014). Akhirnya Badilag Mengeluarkan Format Berita Acara Sidang dan Putusan. Ungkapan itulah mungkin yang kira tepat dikemukakan sehubungan dengan telah dilaunching standar format dan putusan melalui website resmi Badilag. Kesempatan ini kiranya akan menjadi sebuah bentuk kemajuan bagi Lembaga Peradilan Agama untuk lebih meningkatkan kualitas dalam melaksanakan pelayanan publik yang cepat dan dengan biaya murah.

Proses pembuatan Format BAS dan Format Putusan yang melibatkan semua pihak baik Ketua PTA, Wakil Ketua PTA, Hakim Tinggi, Ketua PA, Hakim Tingkat Pertama, Pansek PTA, dan Panitera Pengganti dilakukan melalui beberapa tahapan. Dari hasil konsultasi, pembahasan dan pengkajian Tim Penyusun Standarisai BAS dan Putusan. Naskah akademik selanjutnya disampaikan kebagian pengadaan untuk dicetak menjadi buku yang akan dikirimkankeseluruh Mahkamah Syar’iyah / Pengadilan Agama dan MahkamahSyar’iyah Aceh /PengadilanTinggi Agama di Indonesia.

Dengan terbitnya Standar Format BAS dan Format Putusan ini, Dirjen Badilag Purwosusilo berharap ke depan agar putusan pengadilan semakin baik, bermutu, dan kualified. Sementara itu Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Hasbi Hasan menyatakan bahwa langkah untuk mengupload BAS dan Format Putusan ini dilakukan untuk memudahkan aparatur peradilan, meningkatkan skill dalam menyusun dan mengkonstruksi BAS dan Format Putusan sesuai dengan pedoman Buku II Hukum Acara dan regulasi yang terkait. Disamping itu terbitnya BAS dan Format Putusan ini dalam rangka mengeliminir disparitas antara aparatur pengadilan dan antara satu Pengadilan Agama dengan Pengadilan Agama lainnya. Dalam kesempatan ini Direktur Admin menyatakan bahwa urgensi diuploadnya Standar BAS dan Format Putusan ini agar sesegera mungkin dapat dalam waktu yang tidak terlalu lama akan dicetak dan didistribusikan melalui media cetak dan akan dibagi ke seluruh Pengadilan Agama se-Indonesia.