Sosialisasi Standarisasi Berita Acara Sidang di PA Banjarnegara

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama melaunching standar format Berita Acara Sidang (BAS) dan putusan.

H. Nahdul Bunyani, S.H. (Panitera PA Banjarnegara) mengemukakan bahwa standar BAS dan Putusan harus secepatnya diimplementasikan.

Untuk keperluan tersebut, pukul 8:00 Senin 14 April 2014 Pengadilan Agama Banjarnegara menyelenggarakan sosialisasi Standar Berita Acara Sidang yang dipimpin oleh Panitera serta diikuti seluruh Panitera Pengganti.

"Saya mengharapkan Berita Acara Sidang yang dibuat disesuaikan dengan format standar yang sudah ada. Untuk itu blangko-blangko SIADPA secepatnya disesuaikan.", ujar Panitera PA Banjarnegara.

Para peserta sosialisasi menyatakan sangat terbantu dengan adanya format standar Berita Acara Sidang, karena mendukung  pembuatan BAS dengan menggunakan Aplikasi SIADPA. Selain itu disana terdapat standar 47 BAS, mulai sidang pertama, sidang lanjutan, sidang baca putusan, Ikrar talak, serta eksekusi.

Pada kesempatan ini disepakati, bahwa dalam waktu dekat PA Banjarnegara akan beralih menggunakan kertas A4, dimana sebelumnya menggunakan kertas Folio.

Semoga dengan adanya Standarisasi Berita Acara Sidang dan Putusan bisa meningkatkan kualitas BAS dan Putusan serta meningkatkan pelayanan kepada para pihak yang berperkara di Pengadilan Agama Banjarnegara.