Pengawasan Reguler di Pengadilan Agama Banjarnegara tahap I Tahun 2014

pengawasan-thp-1-2014

Pengadilan Tinggi Agama Semarang melaksanakan pengawas regular tahap I tahun 2014 di Pengadilan Agama Banjarnegara selama 2 hari (21/04/2014 dan 22/04/2014).

Drs. H. Anshoruddin,SH.MA, Zaenal Abidin,S.Ag, dan Akbar Saeful bertindak sebagai tim pengawas. Adapun objek pengawasan adalah Teknis dan Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara, Teknis Persidangan, Kinerja Pelayanan Publik dan Administrasi Umum.

Setelah melakukan pemeriksaan selama 2 (dua) hari atas obyek pengawasan, pada hari Selasa pukul 13.00 WIB tanggal 22 April 2014 bertempat di ruang sidang utama, TIM Pengawas PTA Semarang mengekspos hasil pengawasannya.

Acara dibuka oleh Drs. H. Tahrir Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara dan peserta ekspos adalah seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Banjarnegara terdiri Hakim, Pansek, Pejabat Struktural maupun Fungsional, dan Staff serta Tenaga Honorer.

Drs. H. Anshoruddin,SH.MA menyampaikan bahwa pada pokoknya pelaksanaan tugas di Pengadilan Agama Banjarnegara sudah baik, namun demikian ada beberapa hal yang segera diperbaiki. Beliau juga berpesan agar bidang-bidang yang sudah bagus untuk terus ditingkatkan dan yang masih kurang untuk disempurnakan.

Dalam bidang administrasi persidangan dilakukan pemeriksaan terhadap berkas dari Dra. Hj. Dhohwah (cerai talak), Dra. Siti Dawimah, S.H, M.Si (izin poligami), Drs. H. Damsyi, M.H. (Gugat Harta Waris), Drs. H. Moh. Faizin, S.H., M.H. (cerai Gugat) dan Drs. Khotibul Umam (Cerai Gugat).

Dari beberapa berkas yang diperiksa terdapat beberapa temuan diantaranya, bahwa Kwitansi (SKUM) ditemukan yang disimpan dalam berkas berwarna putih. Drs. H. Anshoruddin,SH.MA merekomendasikan, agar SKUM dibuat rangkap 4, Warna Putih (untuk Pemohon / Penggugat), Warna Merah (untuk kasir), Warna Kuning (untuk dilampirkan dalam berkas) dan warna Hijau (untuk Bank). Hal ini Warna Putih (untuk Pemohon / Penggugat), Warna Merah (untuk kasir), Warna Kuning (untuk  dilampirkan dalam berkas) dan warna Hijau (untuk Bank). Hal ini sesuai dengan Buku II edisi revisi 2013 halaman 3 angka 12.

Selesai menyampaikan beberapa tambahan temuan, Tim Pengawas memberikan kesempatan waktu untuk tanya jawab. Dalam kesempatan itu dikemukakan beberapa persoalan yang disampaikan oleh Hakim dan Kasir.

Diakhir acara Drs. H. Tahrir menyampaikan apresiasinya kepada seluruh seluruh aparat Pengadilan Agama Banjarnegara yang telah mempersiapkan segala sesuatu demi lancarnya pengawasan regular ini. Beliau juga mengharapkan setiap pegawai memiliki catatan kecil hasil pengawasan, yang nantinya akan ditindaklanjuti pada rapat koordinasi tanggal 25 April 2014.

"Kami atas nama Pengadilan Agama Banjarnegara mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengawas dari PTA Semarang, karena dengan adanya pengawasan ini tentunya akan memberikan dampak positif, dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat", Ungkap Drs. H. Tahrir menutup acara ini.