Pengadilan Agama Banjarnegara dan STAIN Purwokerto resmi jalin kerjasama

mou stain

Setelah pada akhir Januari 2015, Pengadilan Agama (PA) Banjarnegara menandatangani MOU pengelolaan lahan parkir, pada Rabu 4 Pebruari 2015 diruang Ketua PA Banjarngara ditandatangani MOU dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto. Lingkup MOU yang disepakati adalah Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

MOU tersebut ditandatangani oleh Drs. H. Malik Ibrahim, S.H.,M.H. (selaku Ketua Pengadilan Agama (KPA) Banjarnegara) dan Drs. H. Syufa’at, M.Ag. (selaku Ketua Jurusan Syari’ah dan Ekonomi Islam). Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan kerjasama berdasarkan prinsip kemitraan dan saling menguntungkan.

KPA Banjarnegara menjelaskan MOU ini terkait dengan tugas PA Banjarnegara di bidang lintas sektoral, yaitu tidak hanya menjalin kerja sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FOKORPIMDA) tetapi juga dunia pendidikan.

“Dengan adanya kerjasama-kerjasama tersebut PA Banjarnegara dapat menyampaikan fungsinya, tidak hanya sebatas menerima, memeriksa dan mengadili perkara, tetapi memberikan solusi dan sumbangsih kepada kepentingan negara dibidang akademis maupun di pemerintahan daerah.”, tambah KPA Banjarnegara.

Sementara bagi pihak STAIN Purwokerto kerjasama ini merupakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang didasarkan pertimbangan diantaranya untuk membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan dalam menguasai dan menerapkan teori hukum dalam prakteknya di PA Banjarnegara dan untuk melatih mahasiswa agar memiliki kepekaan dan ketajaman analisis terhadap permasalahan hukum di Pengadilan Agama Banjarnegara, sehingga mahasiswa mampu membantu masyarakat di dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi mereka dalam rangka mewujudkan kesejahteraan mereka.