Inovasi Baru Pengadilan Agama Banjarnegara

Satu bulan sekali Pengadilan Agama melakukan agenda rutin yaitu rapat koordinasi sekaligus rapat dinas yang dihadiri oleh semua unsur yang ada di Pengadilan Agama, mulai dari Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Pansek para pegawai di kepaniteraan, struktural sampai pegawai honorer.

Rapat membahas agenda dan informasi-informasi aktual yang terjadi di lingkungan Pengadilan Agama Banjarnegara khususnya dan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada umumnya.

RAPAT 15 MEI 00

Rapat dibuka oleh Pansek PA Banjarnegara H. Nahdul Bunyani SH yang dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua PA Banjarnegara, Drs. H. Darmudji SH. MH. selaku koordinator Pengawasan. RAPAT 15 MEI 1

Rapat ini juga dijadikan sebagai sarana penyampaian expose dari Hakim Pengawas Bidang (HAWASBID), dimana dalam rapat yang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 15 Mei 2015 ditampilkan 2 Hakim pengawas bidang yakni Drs. H. Ahmadi MH yang merupakan Hakim Pengawas Administrasi Persidangan serta Dra. Hj. Maryati Zuhdy SH. sebagai Pengawas Prosedur Penerimaan Perkara.

Selain daripada itu, juga disampaikan inovasi baru dari Pengadilan Agama Banjarnegara khususnya dalam dunia IT (Informasi Teknologi) yang disampaikan hakim pengawas IT  Drs. Khotibul Umam.

RAPAT 15 MEI 0

Dalam penyampaiannya,l Hakim yang mempunyai hobby olah raga bermotor ini mengemukakan, Aplikasi yang baru dibuat dapat mempersingkat waktu untuk dapat diterbitkannya Akta Cerai. Aplikasi tersebut juga dapat meminimalisir kesalahan tanggal pengeluaran Akta Cerai.

Aplikasi ini melibatkan semua unsur, diantaranya; Majelis Hakim, Panitera Pengganti, Juru Sita dan muaranya ada di Wakil Panitera. Jika terdapat kesalahan dalam pengaplikasian sistem ini, maka akan muncul warna merah yang secara otomatis memerintahkan kepada petugas yang bersangkutan untuk dapat memperbaiki kesalahan tersebut.

Petugas pembuatan Akta Cerai dengan aplikasi ini sudah dapat mengetahui kapan perkara tersebut BHT, kapan Akta Cerai harus dibuat dan kapan pula Akta Cerai harus diserahkan, sehingga pelayanan Akta Cerai di Pengadilan Agama Banjarnegara dapat dilaksanakan setiap hari dalam jam kerja.

RAPAT 15 MEI 3

Acara dilanjutkan dengan pembinaan yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH. MH. Beliau berharap agar hasil-hasil yang telah kita capai dapat kita pertahankan dan dapat memunculkan inovasi-inovasi baru demi sempurnanya pelaksanaan tugas, sehingga tidak menutup kemungkinan Pengadilan Agama Banjarnegara dapat dijadikan percontohan terhadap Pengadilan Agama lainnya khususnya dalam bidang Informasi Teknologi.

Dengan gayanya yang santai tapi serius, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara juga menyampaikan evaluasi kinerja yang dicapai dalam satu bulan khususnya bulan April 2015. Pada saat itu pula, beliau menyampaikan hasil pembinaan dari pimpinan Mahkamah Agung di Semarang. Tepat pukul 15.40 acara rapat pembinaan ditutup oleh Pansek dengan bacaan Hamdalah. (lap. Arief).