KERJA ADALAH IBADAH

Pada Rabu 7/7/2015 pukul 13.00 WIB bertempat di ruang sidang utama PA Banjarnegara dilaksanakan rapat kerja bulanan periode Juli 2015 yang diikuti oleh hakim, dan karyawan /karyawati PA Banjarnegara.

Acara dimulai dengan pengantar sekaligus sambutan dari Pansek PA Banjarnegara H. Nahdul Bunyani SH. dalam pengantarnya beliau menyatakan dalam jangka enam bulan sejak rutin dilaksanakan rapat dinas, banyak kemajuan-kemajuan yang telah dicapai , oleh karena itu perlu adanya perhatian dari seluruh karyawan dan karyawati PA. Banjarnegara.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Darmudji SH. MH. selaku koordinator pengawasan, dalam sambutanya beliau mengemukakan bahwa saat ini terdapat penambahan beberapa bidang-bidang Pengawasan, yaitu Bidang Keuangan DIPA dan Bidang Hukum dan informasi. "Saat ini pengawasan terhadap bidang keuangan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) merupakan bidang pengawasan tersendiri, ini merupakan upaya Mahkamah Agung dalam rangka mengawasi penggunaan anggaran yang berasal dari APBN agar bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.",

Drs. H. Arif Mustaqim MH. selaku Hakim Pengawas Bidang Hukum dan Humasi menyatakan belum bisa memberikan gambaran hasil pengawasan secara lengkap bidang Hukum dan Informasi secara lengkap, hal ini dikarenakan, baru seminggu mendapatkan SK Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara tentang Hakim Pengawas Bidang yang terakhir.

Selanjutnya disampaikan pengarahan serta pembinaan yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H. Mengawali pembinaannya beliau mengungkapkan bahwa kita bekerja adalah dalam rangka menunaikan amanat yang telah diembankan oleh Negara kepada kita dan siapa yang menunaikan amanat tersebut maka dapat dikategorikan ibadah.

Mantan Ketua Pengadilan Agama Wonosobo juga memberikan apresiasi kepada petugas Pemberkasan upaya hukum yang telah melaksanakan pemberkasan sesuai dengan SEMA nomor 1 tahun 2014 tentang Perubahan Surat  Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 14 Tahun 2010 tentang Dokumen Elektronik sebagai Kelengkapan Permohonan Kasasi/Peninjauan Kembali.

Mengakhiri pembinaanya beliau mengemukakan beberapa syarat agar menjadii Pengadilan Agama unggulan antara lain Pelayanan yang prima, Kebersihan yang tetap terjaga, Keamanan dilingkungan kantor, Kekompakan serta Efektifitas didalam bekerja.

Rapat diakhiri dengan evaluasi pelaksanaan Aplikasi Pendukung Siadpa (APS) di Pengadilan Agama Banjarnegara, yang disampaikan oleh Drs. Khotibul Umam selaku Hakim Pengawas IT. Hakim yang mempunyai hoby Off Road ini mengemukakan Aplikasi Pendukung Siadpa yang dimiliki Pengadilan Agama Banjarnegara adalah aplikasi yang dibutuhkan dalam rangka menyelesaikan pekerjaan bidang perkara bagi Hakim dan Pengawai, tetapi tidak atau belum difasilitasi oleh Aplikasi Siadpa.

APS terdiri dari Aplikasi Antrian Sidang berbasis website yang mengakomodir kebutuhan input data hasil sidang, tanggal dan agenda tundaan, amar putusan, maupun jenis pemberitahuan putusan (dalam kota / luar kota) bahkan tanggal berkekuatan hukum tetap bagi perkara yang para pihaknya sama-sama hadir.

Selain itu juga APS memfasilitasi untuk register, pembuatan dan antrian Akta Cerai, serta dilengkapi dengan QR Code. (lap arief rahman)