Kunjungan Perdana Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Ke Pengadilan Agama Banjarnegara Kelas IA

kunjungan-perdana-kpta-01

Jum’at, 24 Juli 2015 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. Mansur Nasir, SH, MH. melakukan kunjungan silaturrahmi ke Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA. Kunjungan yang berlangsung singkat tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama didampingi Wakil Sekretaris PTA Semarang, Drs. Arief Hidayat, SH., disambut langsung oleh KPA Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim, SH., MH. beserta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara.

Kunjungan tersebut, disamping silaturrahmi juga dalam rangka untuk mengetahui sejauhmana keadaan, kelayakan dan kesiapan Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA untuk diajukan sebagai nominator sertifikasi ISO 9001;2008 bersama dengan PA Purbalingga dan PA Kendal, mana yang lebih siap dan layak untuk diikutkan dalam sertifikasi tersebut.

kunjungan-perdana-kpta-02

KPA Banjarnegara Klas IA, Drs. H. Malik Ibrahim, SH., MH. dalam sambutan penerimaan tamu agung tersebut, menyampaikan paparan tentang profil PA Banjarnegara yang meliputi Sumber Daya Manusia (SDM), sarana prasarana, kendala dan hambatan serta solusi penyelesaiannya. Disamping itu juga dipaparkan tentang Kegiatan Prioritas Bidang IT, khususnya aplikasi pendukung SIADPA dan Kesekretariatan secara mandiri yang belum difasilitasi oleh Pusat akan tetapi sangat dibutuhkan untuk pelayanan prima dan efisiensi penyelesaian pekerjaan (tupoksi), yang diantaranya: - Pendaftaran on line. - SMS Informasi Perkara. - Antrian sidang elektronik. - Arsip perkara. - Informasi perkara lokal. - Minutasi, - Validasi perkara, - Aplikasi Kesekretariatan (Surat Tugas, SPD, dan Cuti serta Tata Surat), - dan lain-lain

kunjungan-perdana-kpta-03

Untuk mendukung aplikasi SIADPA, saat ini Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA telah menciptakan kurang lebih 30 ikon aplikasi, diantaranya cetak jadwal sidang, antrian sidang, validasi minutasi, register, Berita Acara Sidang, putusan, jadwal pembuatan akta cerai, arsip perkara dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa dikerjakan dan dipantau/dilihat melalui HP Android, sehingga dengan demikian tidak diperlukan lagi instrumen-Instrumen dalam penyelesaian perkara, demikian dipaparkan oleh Drs. Khotibul Uman (HAWASBID IT) dalam acara tersebut.

KPTA Semarang dalam sambutan dan pembinaanya menyampaikan apresiasi yang sangat positif dan sekaligus membanggakan bagi PA Banjarnegara, dan berjanji akan menyampaikan kepada Badilag bilamana mungkin aplikasi-aplikasi tersebut bisa diakomodir dan dijadikan model khususnya bagi Pengadilan Agama se wilayah Jawa Tengah.

Disamping itu, dalam sambutannya KPTA Semarang juga mengintruksikan kepada seluruh Pegawai Pengadilan Agama untuk selalu bersinergi, kerjasama yang harmonis (tidak boleh ada yang merasa lebih kuasa dll), tidak boleh ada konflik, sehingga semuanya mendukung demi suksesnya penyelesaian Pekerjaan (Tupoksi) dengan baik.

"Marilah meluruskan mindset, bahwa di PA Banjarnegara Teknologi Informasi digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara efisien, demi pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan yang prima, maka seluruh pegawai PA Banjarnegara harus dalam satu mindset yaitu Teknologi Informasi (TI). Dan kerjasama yang baik sangat dibutuhkan, karena jika salah satu bagian tidak bisa menyelesaikan pekerjaan maka akan merugikan bagian yang lain.", pesan Drs. Arief Hidayat, S.H. (Wakil Sekretaris PTA Semarang).

kunjungan-perdana-kpta-04

Diakhir kunjungan KPTA Semarang didampingi Wakil Sekretaris PTA Semarang menginspeksi keadaan Pengadilan Agama Banjarnegara, mulai dari Ruang Arsip, Ruang Tunggu dan Taman PA Banjarnegara. Sekaligus melakukan tes penggunaan aplikasi pendaftaran antrian sidang, tv media, dan pemanggilan sidang yang nantinya akan mengakomodir pencatatan hasil sidang. Seperti bagi perkara yang putus dan ikrar talak secara otomatis akan masuk ke aplikasi kasir (beserta tanggal pengambilan akta cerai dan / salinan).

Hasil sidang digunakan oleh petugas register untuk disalin di Buku Register Perkara dan validasi waktu maksimal jurusita/ jurusita pengganti dalam melaksanakan Pemberitahuan Isi Putusan serta Jadwal Pembuatan Akta Cerai yang didasarkan pada tanggal Berkekuatan Hukum Tetap. (Tim IT)