Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pengadilan Agama Banjarnegara Kelas IA

Tak seperti hari biasa, Rabu, (29/07), Meja Tiga Kantor Pengadilan Agama Banjarnegara cukup ramai. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang mendaftar perceraian, serta konsultasi pada bagian pelayanan informasi. Tak sedikit pula, masyarakat yang menghadiri sidang, dan mengambil akta cerai.

sidang-dan-pengambilan-ac

Meski demikian, hal tersebut sama sekali tidak menghambat pelaksanaan acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan yang dijadualkan mulai pukul 13.30 WIB, usai melaksanakan ibadah shalat dzuhur.

Pelantikan yang bertempat di lantai dua, ruang serbaguna, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo, Drs. H. Tahrir, yang datang bersama rombongan. Serta, seluruh pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara.

Sebelum Surat Keputusan (SK) dariSekretaris Mahkamah Agung dibacakan oleh Ayani, S.Ag, Pembawa acara, yaitu Sri Wahdani, S.H, mempersilakan kepada Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara, serta tiga pejabat yang akan dilantik untuk maju menempatkan diri untuk dilantik dan disumpah oleh Mustofa, S.H sebagai Rohaniwan, dengan dua saksi yaitu Sudin, S.Ag dan Sudarsono, S.H.

pengambilan-sumpah-29072015 Adapun tiga nama pejabat yang akan dilantik, yaitu; Mochammad Zaidin yang semula Panitera Muda Permohonan di Pengadilan Agama Wonosobo telah resmi menjadi Panitera Muda Gugatan di Pengadilan Agama Banjarnegara. Mugiarti, S.Agyang semula menjabat sebagai Panitera Pengganti mutasi ke Pengadilan Agama Banjarnegara. Dina Munawaroh, S.Ag, semula menjadi Panitera Gugatan Pengadilan Agama Banjarnegara, saat ini telah beralih jabatan sebagai Panmud Hukum Pengadilan Agama Banjarnegara.

Usai kata-kata pelantikan dibacakan oleh H. Malik Ibrahim, S.H, M.H, selaku Ketua Pangadilan Agama Banjarnegara, pegawai baru yang menurut KPA Banjarnegara adalah "stok lama" pun memperkenalkan diri kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara yang saat itu turut menyaksikan prosesi pelantikan.pelantikan003

Dalam perkenalannya yang diwakili oleh Mochammad Zaidin, S.H, beliau berharap seluruh pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara dapat menerima kehadirannya. Sehingga bisa bekerjasama dengan baik nantinya. Beliau juga mengharap bimbingan kerja yang lebih baik di tempat kerja yang baru, khususnya dari KPA Banjarnegara.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembinaan yang disampaikan Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara. Beliau menyampaikan informasi, bahwa Pengadilan Agama Banjarnegara saat ini telah mempunyai tiga puluh aplikasi pembantu siadpa buatan sendiri. Oleh karenanya, pegawai yang baru saja dilantik, khususnya Mochammad Zaidin, S.H dan Mugiartiuntuk mulai beradaptasi, memperlajadi aplikasi yang ada di Pengadilan Agama Banjarnegara.

KPA Banjarnegara juga berpesan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara, agar jangan segan-segan memberi ilmu. Terlebih, saat ini Pengadilan Agama Banjarnegara telah ditunjuk oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah sebagai Pengadilan Agama Percontohan yang akan melaksanakan program prioritas peningkatan mutu pelayanan Peradilan Agama melaui ISO 9001;2008. Maka dari itu, seluruh pegawai dimohon untuk tidak malas belajar. Sekiranya ada permasalahan dalam pekerjaan terkait dengan aplikasi, harus segera konsultasi dengan bagian IT Pegadilan Agam Banjarnegara.

Acara pelantikan dan serah terima jabatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Hakim Pengadilan Agama Banjarnegara, Drs. Rahmat Farid, M.H, dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada pejajabat yang telah dilantik. (Tim IT)