Audit Keuangan dari PTA Semarang di Pengadilan Agama Banjarnegara

Hari Kamis tanggal 20 Agustus 2015, Pengadilan Agama Banjarnegara mendapat kunjungan dari Hakim Tinggi Pengawas Daerah dari PTA Semarang. Rombongan terdiri dari Drs. H. Abdul Muin Thalib SH. MH, selaku Ketua Tim, Drs. Mursid Amirudin Selaku Sekretaris dan Drs. Arief Hidayat SH. sebagai Anggota Tim.

PENGAWASAN DI LANTAI 2

Kepada Redaktur, Ketua Tim menyatakan bahwa tujuan dari kunjungan ke Pengadilan Agama Banjarnegara adalah untuk melakukan audit keuangan pihak ketiga sehubungan dengan akan memasukinya purna bakti Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Banjarnegara, H. Nahdul Bunyani SH.

Kunjungan tersebut merupakan suatu kewajiban yang diberlakukan di Pengadilan Agama jika akan mengakhiri masa tugas, sehingga siapapun yang akan menggantikan kedudukannya nanti akan dapat melihat secara jelas kondisi terakhir satuan kerja yang akan dijalaninya.

Sebelum melakukan audit, pada pagi harinya Hakim Tinggi yang baru 8 bulan bertugas di PTA Semarang ini menyempatkan untuk menyalurkan hobinya bermain tenis bersama Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara dan pegawai lainnya. Tepat pukul 08.00 Tim melakukan audit terhadap hal-hal yang berkaitan keuangan pihak ketiga.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim dengan didampingi oleh Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH. MH. dan Ketua Tim IT, Drs. Khotibul Umam memonitor keadaan lingkungan kantor Pengadilan Agama dan melihat sekaligus mencoba beberapa Aplikasi SIADPA yang tengah dijalankan oleh Pengadilan Agama Banjarnegara.

PENGAWASAN DI LANTAI 1

Selesai memonitor Aplikasi-aplikasi tersebut, beliau menyampaikan rasa puas dan bangganya karena baru kali ini menemukan Pengadilan Agama yang mampu mewujudkan Aplikasi SIADPA yang sangat integral. Hakim Tinggi asal Bone Sulawesi Selatan tersebut, berharap mudah-mudahan semua Pengadilan Agama mampu menerapkan semua Aplikasi yang ada di Banjarnegara. Karena, hal ini akan lebih mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap masyarakat dan khususnya bagi pegawai akan dapat membantu proses penyelesaian perkara secara cepat, sehingga azas peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan dapat tercapai.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Pengadilan Agama Banjarnegara saat ini sedang dinominasikan untuk mendapatkan sertifikat ISO, sehingga kinerja khususnya yang menyangkut pelayanan terhadap masyarakat baik sarana maupun prasarana harus dapat terlayani secara baik.

Pelayanan terhadap masyarakat akan dapat terlayani dengan baik jika ada kerjasama yang baik diantara pegawai, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH. MH. dalam pembukaan pembinaan oleh Ketua Tim Audit yang juga merupakan Askor (Asisten Koordinator) Wilayah VI ini.

[caption id="attachment_3298" align="aligncenter" width="600"]Expose hasil audit... Expose hasil audit...[/caption]

Disamping dinominasikan untuk mendapatkan sertifikat ISO, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara juga mengatakan dalam waktu dekat Pengadilan Agama Banjarnegara akan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia, dimana kompetisi tersebut muaranya adalah untuk terciptanya kualitas pelayanan masyarakat yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. Arief Hidayat SH, selaku Anggota Tim juga berpesan ada atau tidak adanya serifikasi maupun kompetisi kita dituntut untuk  dapat bekerja secara baik karena masing-masing kita dalam bekerja akan selalu terkait.

Pembinaan diakhiri dengan penyampaian terima kasih kepada H. Nahdul Bunyani SH yang akan memasuki purna tugas atas pengabdiannya selama ini, mudah-mudahan segala kebaikannya mampu dilanjutkan oleh penggantinya nanti dan mendapatkan khusnul khotimah.  (lap. Arief)