APS PA Banjarnegara dikagumi PTA Bandung

Hari Senin tanggal 28 September 2015 Tim IT Pengadilan Agama mengadakan lawatan perdana ke Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Bandung. Acara tersebut atas undangan dari KPTA Bandung  DR. H. Zainuddin Fajari SH. MH. dalam rangka rapat Koordinasi.

Acara yang berlangsung di Aula Kantor PTA Bandung tersebut dihadiri oleh seluruh Ketua dan Panitera/Sekretaris (Pansek)  se Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandung ditambah beberapa orang hakim Tinggi.

Maksud dilangsungkannya acara tersebut adalah untuk menggugah semangat para Ketua Pengadilan Agama se Wilayah PTA Bandung akan pentingnya Teknologi Informasi bagi kemajuan suatu Pengadilan khususnya dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Bagi Tim IT Pengadilan Agama Banjarnegara acara ini merupakan momen yang sangat penting dan langka mengingat PTA Bandung dan Pengadilan Agama di wilayahnya merupakan gudangnya tekonologi, namun dengan tekad yang bulat Tim yang dipimpin oleh Drs. Khotibul Umam ternyata mampu menampilkan sesuatu yang belum pernah dimiliki selama ini di wilayah PTA Bandung.

Sebagaimana diketahui Pengadilan Agama Banjarnegara kelas 1A saat ini telah berhasil mengembangkan Aplikasi Pendukung Siadpa (APS) yang mampu merubah dari sistem digital ke manual yang wujud konkritnya dimulai dari Aplikasi Antrian Sidang berbasis Website yang mengakomodir kebutuhan input data hasil sidang, tanggal dan agenda tundaan, amar putusan, maupun jenis pemberitahuan putusan (dalam kota/luar kota) bahkan tanggal kapan berkekuatan hukum tetap.

Didalam presentasinya dihadapan peserta rapat koordinasi Drs. Khotibul Umam mencoba menanyakan apa yang selama ini menjadi kendala di dalam pelaksanaan tugas di Pengadilan Agama termasuk kendala apa yang dihadapi oleh PTA saat melakukan pengawasan.

Aplikasi Pendukung Siadpa yang telah dirancang ini mampu untuk menjawab semua kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas di Pengadilan Agama, mulai dari pendaftaran, PMH, PHS, PPP dan PJSP. Sampai dikeluarkannya Akta Cerai. Tegas Khotibul Umam.

Demikian juga instrumen Pengawasan yang dilakukan oleh PTA terhadap Pengadilan-pengadilan Agama di Wilayahnya tidak perlu menunggu lama, cukup dalam hitungan menit input data telah dapat diperoleh secara valid.

Selesai presentasi oleh Ketua Tim IT PA Banjarnegara, KPTA menawarkan kepada peserta rakor apa action yang akan dilakukan oleh Pengadilan Agama, jalan telah dibuka tinggal kemauan dari kita masing-masing.

Sebagai wujud respon dari tawaran KPTA tersebut tiga Ketua Pengadilan Agama langsung meminta kepada Tim IT Pengadilan Agama Banjarnegara untuk membenahi IT dikantornya, tiga Pengadilan Agama tersebut adalah Karawang, Depok dan Cibinong.

Senin sore Tim bergerak menuju ke Pengadilan Agama Karawang, laksana Tim Nasional Tim IT Pengadilan Agama Banjarnegara dengan didampingi oleh Ketua Pengadilan Agama Karawang Drs. H. Arsyad M. SH.MH. membenahi IT yang berada di Pengadilan Agama Karawang mulai pukul 18.00 sampai 10.00 pagi.

Perjalanan dilanjutkan ke Pengadilan Agama Depok, dengan disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Depok DR. H. Andi Akram SH.MH. Tim sampai di Kantor Pengadilan Agama Depok tepat pukul 11.00. dan langsung melihat serta membenahi IT yang berada di Pengadilan Agama Depok sampai pukul 16.00.

Selanjutnya pada Selasa sore bertolak menuju Pengadilan Agama Cibinong yang juga disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Cibinong Drs. H. Sahrudin SH. MHI. Di Pengadilan Agama Cibinong ini Tim IT Pengadilan Agama Banjarnegara dengan didampingi Tim IT Pengadilan Agama Cibinong sampai pukul 04.00. dan pagi harinya Tim kembali ke Pengadilan Agama Banjarnegara.

Sebagaimana harapan dari Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH. MH. sebelum Tim berangkat bertolak ke Bandung agar APS yang telah dikembangkan di Pengadilan Agama Banjarnegara dapat dijadikan percontohan untuk pengadilan-pengadilan Agama yang lain demi untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.  (Laporan Arief)