Tim IT PN Banjarnegara Berkunjung ke PA Banjarnegara

Tim IT Pengadilan Negeri (PN) Banjarnegara hari Senin tanggal 5 Oktober berkunjung ke Pengadilan Agama (PA) Banjarnegara. Tim dipimpin oleh Triadi SH (unsur hakim), Slamet Sudiarto SH (Wakil Sekretaris) dan Teguh Wiyono Amd. (Operator IT).

Saat berkunjung ke Pengadilan Agama Tim diterima oleh Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH. MH. Pansek dan Ketua Tim IT PA Banjarnegara Drs. Khotibul Umam.KUNJUNGAN PN BANJARNEGARA

Ketua Tim IT PN Banjarnegara menyampaikan latar belakang kunjungan ini adalah Kepala Pengadilan Negeri (KPN) Banjarnegara setelah melihat di Youtube tentang Innovasi pelayanan di Pengadilan yang saat ini sedang dilombakan oleh Mahkamah Agung RI. di Tingkat Nasional ternyata APS (Aplikasi Pendukung Siadpa) yang ditampilkan oleh Pengadilan Agama Banjarnegara sangat menarik dan membuat penasaran KPN Banjarnegara.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut Tim ditunjukkan beberapa macam Aplikasi yang telah dihasilkan oleh Tim IT Pengadilan Agama Banjarnegara yang dalam hal ini disampaikan oleh Drs. Khotibul Umam selaku perancang APS di PA Banjarnegara.

Drs. Khotibul Umam dalam tersebut menyampaikan pada hakekatnya Aplikasi yang diberlakukan baik di PA maupun PN sistem adalah sama yang kesemuanya mengarah kepada percepatan pelayanan terhadap masyarakat.

Ketua Tim IT PN Banjarnegara dalam kesempatan tersebut menyampaikan untuk dapat menciptakan Aplikasi sebagaimana di Pengadilan Agama Banjarnegara haruslah terlebih dahulu berkoordinasi baik dengan Kejaksaan maupun Kepolisian khususnya yang menyangkut masalah pidana.

Setelah dilakukan pemaparan dan dialog dengan Tim IT PN Banjarnegara selanjutnya Tim melihat secara langsung bekerjanya Aplikasi-aplikasi tersebut yang dilakukan oleh para petugas.

Triadi SH selaku Ketua Tim IT PN Banjarnegara dalam kesempatan tersebut menyampaikan kesannya, ternyata IT di PA Banjarnegara sudah sedemikian majunya dan dapat mempercepat pelayanan terhadap masyarakat. Beliau mengharapkan kepada Tim IT PA Banjarnegara agar dapat menularkan ilmunya ke PN Banjarnegara dan sangat dimungkinkan dari Pengadilan Negeri Banjarnergara ke depan ada kunjungan serupa dengan jumlah personil yang lebih banyak lagi.

Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH. MH. juga menyampaikan Pengadilan Agama Banjarnergara selalu terbuka dan siap untuk menyalurkan ilmunya khususnya ke Pengadilan Negeri Banjarnegara agar masyarakat Banjarnegara khususnya dapat terbantu melalui pelayanan pengadilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Beliau juga mengatakan tingginya angka perceraian di Pengadilan Agama Banjarnegara penyebabnya adalah karena di Kabupaten Banjarnegara banyaknya sesuatu yang dapat mengarah untuk terjadinya konflik didalam rumah tangga yang puncaknya terjadi perceraian, oleh karena itu peran dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan juga para ulama sangat diperlukan untuk menekan angka tersebut. (lap.Arief).