Pekerjaan yang Menentukan Nasib Seseorang

Hari Rabu tanggal 7 September 2015, bertempat di ruang rapat PA Banjarnegara dilaksanakan rapat kerja bulanan periode September 2015 yang diikuti oleh hakim, dan karyawan /karyawati Pengadilan Agama (PA) Banjarnegara.

Acara dibuka oleh Pansek PA Banjarnegara H. Mohammad Dardiri SH. MH. Dalam pengantarnya beliau menyampaikan semua temuan Hakim Pengawas bidang keuangan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Drs. H. Shoffan Sudjadi HS. yang disampaikan pada bulan Agustus 2015 telah ditindak lanjuti dengan baik.

RAPAT 2 PENGADILAN AGAMA

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Darmudji SH. MH. selaku koordinator pengawasan, dalam sambutanya beliau mengemukakan bahwa bulan Oktober merupakan Tri wulan ketiga bagi pengawasan yang dilakukan para hakim pengawas bidang, oleh karena itu diharapkan agar masing-masing Hakim pengawas bidang melakukan tugasnya dan selanjutnya melaporkan hasil pengawasannya ke koordinator pengawas.

Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan perkara yang telah 5 bulan belum diputus dan juga yang terlambat melakukan minutasi dan beliau mengharapkan agar supaya mendapat perhatian khususnya ketua majelis yang bersangkutan.

Beliau juga menambahkan dengan kedatangan Hakim baru Hj. Ely Nurhayati yang mutasi dari PA Kendal maka terdapat susuna Majelis Hakim baru yang mulai berlaku pada tanggal 19 Oktober 2015.

Sebagaimana rapat-rapat bulanan yang telah lalu dalam rapat tersebut juga disampaikan hasil pengawasan oleh Hakim Pengawas bidang Administrasi Persidangan Drs. H. Rahmat Farid MH dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan dari 7 sampel perkara yang diambil secara acak terdapat beberapa temuan yang antara berkas satu dengan yang lain hampir sama meskipun hal tersebut merupakan masalah kecil namun perlu mendapat perhatian ketua majelis.

RAPAT RUTIN PENGADILAN AGAMA

Acara dilanjutkan pengarahan serta pembinaan yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama (KPA) Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H. Mengawali pembinaannya beliau menyampaikan hasil rapat koordinasi di Pengadilan Tinggi Agama Semarang, yang antara lain beliau mengungkapkan hendaknya kita berhati-hati didalam melakukan pekerjaan karena sekarang ini sepak terjang kita selalu diamati oleh LPP (lembaga Pemantau Peradilan), apalagi pekerjaan kita adalah yang paling banyak menyentuh dan bersinggungan dengan masyarakat.

Ketua yang sudah empat kali menjadi Ketua Pengadilan Agama juga memberikan apresiasi kepada Hakim pengawas Administrasi Perkara atas temuan yang telah dilakukan, dan berharap agar semua temuan-temuan tersebut supaya ditindak lanjuti oleh para petugas yang bersangkutan.

Mengakhiri pembinaanya beliau berpesan agar hati-hati didalam melakukan semua pekerjaan , karena yang kita kerjakan semuanya adalah dokumen yang menyangkut nasib seseorang khususnya didalam berkeluarga. (lap arief)