4 Syarat Seseorang Dikatakan Profesional

rapat-0411201501Hari Rabu tanggal 4 Oktober 2015 bertempat di ruang rapat PA Banjarnegara dilaksanakan rapat kerja bulanan periode Oktober 2015 yang diikuti oleh hakim, dan karyawan /karyawati PA Banjarnegara.

Acara dibuka oleh Pansek PA Banjarnegara H. Mohammad Dardiri SH. MH. dalam pengantarnya beliau menyampaikan sampai bulan Nopember 2015 penyerapan DIPA Pengadilan Agama Banjarnegara telah tercapai sehingga mudah-mudahan tidak ada anggaran yang kembali ke kas negara dan tahun depan kita berharap agar DIPA Pengadilan Agama dapat bertambah.

Selain daripada itu Panses yang mantan Panses Pengadilan Agama Klaten ini juga mengatakan setelah adanya pelayanan terpadu di kepaniteraan seperti sekarang ini hasilnya sudah dapat dirasakan dan lebih efektif, sehingga beliau berharap agar selalu meningkatkan kinerjanya khususnya di bagian pelayanan.

rapat-0411201502

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Darmudji SH. MH. selaku koordinator pengawasan sekaligus ketua tim kunjungan ke Pengadilan Agama Semarang menyampaikan pengawasan yang dilakukan oleh Hakim pengawas bidang telah berjalan dengan baik dan beliau mengatakan mulai rapat dinas sekarang ini bagi hakim pengawas bidang yang ditunjuk untuk menyampaikan hasil temuannya langsung ditayangkan melalui monitor sehingga semua pegawai akan langsung mengetahui, lebih jauh beliau juga berharap agar temuan hakim pengawas bidang dapat segera ditindak lanjuti.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjargerara selaku ketua tim kunjungan ke Pengadilan Agama Semarang juga mengemukakan hasil kunjungannya sekaligus membandingkan dengan kondisi yang berada di Pengadilan Agama Banjarnegara, dengan harapan agar kedepan kekurangan yang ada dapat kita perbaiki demi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

rapat-0411201503

Sebagaimana rapat-rapat bulanan yang telah lalu dalam rapat tersebut juga disampaikan hasil pengawasan oleh Hakim Pengawas bidang Gugatan dan Permohonan Dra. Hj. Siti Dawimah SH. M.Si, dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan beberapa temuan surat gugatan dan permohonan yang banyak kekurangan, beliau berharap agar kedepan lebih teliti lebih cermat lagi dalam pembuatannya;

Acara dilanjutkan dengan pengarahan serta pembinaan yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H. Mengawali pembinaannya beliau menyampaikan agar hasil kunjungan ke Pengadilan Agama Semarang dan juga Pengadilan Agama Yogyakarta dibuat laporan secara tertulis sehingga segala sesuatu yang dikeluarkan dapat dipertanggung jawabkan.

Dalam kesempatan tersebut beliau juga mengungkapkan agar pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara dapat bekerja secara profesional, ada 4 syarat yang harus dipenuhi untuk dapat dikatakan profesional.

Pertama : Keilmuan yang cukup, hal ini dapat diperoleh baik melalui kuliah ke jenjang yang ebih tinggi maupun membaca buku-buku yang berkenaan dengan tugas

rapat-0411201504

Kedua : Keterampilan, syarat yang kedua ini dapat diwujudkan dengan terus berlatih agar yang kita kerjakan dapat terselesaikan tepat waktu.

Ketiga : Performance/penampilan, sebagai kantor yang pelayanan terhadap masyarakat kita harus berpenampilan menarik dan sopan santun, karena yang datang ke Pengadilan Agama kebanyakan orang yang sedang punya masalah, maka kita dituntut untuk dapat menyelesaikan atau mengurangi beban yang sedang diemban.

Keempat :  Kecermatan, syarat keempat ini sangat dituntut kepada kita semua, karena menyangkut masalah nasib seseorang yang berkaitan dengan hukum, kita harus berhati-hati dan jangan ceroboh dalam memutuskan suatu masalah dan disinilah kecermatan sangat dibutuhkan.

Disamping itu juga Ketua yang sudah empat kali menjadi Ketua Pengadilan Agama juga memberikan apresiasi kepada Hakim pengawas bidang gugatan dan Permohonan atas temuan yang telah dilakukan, dan berharap agar semua temuan-temuan tersebut supaya ditindak lanjuti oleh para petugas yang bersangkutan. (lap arief)