Sudahkah Kerja Kita Diakui Orang Lain?

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, hari Kamis dan Jum’at tanggal 5 dan 6 Nopember 2015 Pengadilan Agama melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama (PA) Yogyakarta. Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH. MH. dan diikuti oleh beberapa orang hakim serta para pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

KUNJUNGAN KE PA YOGYA 2Rombongan yang berjumlah 10 orang tersebut sampai di PA Yogyakarta diterima oleh Ketua Pengadilan Agama (KPA) Yogyakarta Drs.H. Samsul Bahri M.Hum, Wakil Ketua dan juga Panitera Sekretaris (Panses).

Dalam sambutannya, KPA Yogyakarta menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara untuk melihat lebih dekat bagimana pelayanan publik khususnya di PAYogyakarta yang saat ini dinominasikan untuk mendapatkan sertifikat ISO, dimana ada 6 tahapan yang harus dilalui, dan saat sekarang baru 2 tahapan yang telah dilakukan.

Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara dalam kata sambutannya berterima kasih kepada KPA Yogyakarta yang telah menerima dan bersedia menularkan pengalaman serta ilmunya kepada PA Banjarnegara, mudah-mudahan dapat menjadi amal jariyahnya.

KUNJUNGAN PA YOGYA 3

Sebagaimana diketahui sertifikat ISO pada hakekatnya adalah pengakuan atas pekerjaan yang telah kita lakukan, selama ini kita hanya bekerja, namun apakah pekerjaan yang telah kita lakukan sudah diakui oleh orang lain apa belum.

Dengan demikian sebenarnya ISO tidaklah membuat program atau pekerjaan baru, namun apakah pekerjaan yang telah kita laksanakan sudah sesuai SOP atau belum, oleh karena itu ada 3 hal yang patut untuk dicermati kata Ketua Pengadilan Agama Yogyakarta.

KUNJUNGAN KE PA YOGYA

Pertama : Rencanakan yang akan anda kerjakan sesuaikan dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Kedua : Kerjakan yang telah anda rencanakan. Ketiga : Rekaman atau wujud yang telah kita kerjakan.

Selesai acara penyambutan dan presentasi selanjutnya tim melihat secara langsung hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik yang telah ada di PA Yogyakarta, banyak sekali ilmu serta pengalaman baru dalam kunjungan ini, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara berharap apa yang telah kita dapatkan di PA Yogyakarta dapat kita terapkan di PA Banjarnegara. (lap arief)