Katakan “AKU BISA!”

Kamis tanggal 12 November 2015 bertempat di Musholla Pengadilan Agama Banjarnegara dilangsungkan pengajian rutin 2 minggu sekali setelah beberapa minggu pernah vakum.

PENGAJIAN RUTIN PENGADILAN AGAMA 2

Pada pengajian perdana kali ini, bertindak selaku penceramah adalah Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H, dengan pembawa acara Dina Munawaroh S.Ag.

Mengawali ceramahnya, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara mengajak kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara untuk bersama-sama meluruskan niat kita bersama agar apa yang kita kerjakan dapat bernilai ibadah.

Beliau menjelaskan, saat ini kita berada di era globalisasi, dimana antara kita dengan orang lain sudah saling terbuka. Kejadian yang berada di dalam dunia lain dapat kita saksikan dimana dan kapan saja. Hal ini karena ditunjang oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan Teknologi.

PENGAJIAN RUTIN PENGADILAN AGAMA 3

Sebagai akibat dari hal tersebut, kita dituntut untuk selalu berkompetisi didalam setiap aktifitas. Bahkan melalui Al-Qur’an, kita diperintahkan untuk selalu berkompetisi. Beliau mensitir surat Al-Maidah ayat 48, yakni “fastabiqul khoiroot.” yang artinya berlomba-lombalah kamu semua dalam kebaikan.

Dengan logatnya yang khas, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara yang asli Demak ini menjelaskan ada tiga pengertian dalam memahami ayat ini.

Pertama : membangun mentalitas bersaing, Kita hidup haruslah selalu dinamis, selalu mencari innovasi-innovasi baru yang dapat membawa kita ke arah perbaikan.

Kedua : Kerja keras, hal ini menuntut kepada kita semua untuk selalu mampu didalam melakukan suatu pekerjaan, peganglah semboyan “Aku Bisa”, satu semboyan yang menggambarkan kepada kita untuk selalu optimis didalam melakukan suatu pekerjaan.

Ketiga : Berorientasi pada mutu, didalam kita bekerja disamping dua syarat diatas, maka kita harus dapat berusaha memperbaiki terhadap mutu yang kita kerjakan atau out put yang dihasilkan haruslah sesuatu yang bermutu.

Lebih lanjut, Ketua yang rajin melaksanakan puasa Senin Kamis ini menegaskan untuk dapat meraih ketiga hal tersebut ada tiga modal yang harus dipunyai oleh kita semua

Pertama : Knowledge atau ilmu pengetahuan, dimana tanpa ilmu pengetahuan akan sulitlah kita untuk melakukan suatu pekerjaan.

Kedua : Skill atau keterampilan , seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan tidak mungkin akan mampu mengamalkan ilmunya tersebut tanpa adanya keterampilan, keterampilan dapat ditumbuhkan dengan cara berlatih dan berlatih.

Ketiga : Trust atau percaya diri, artinya kita harus yakin terhadap apa yang kita kerjakan selagi hal tersebut ada alasan dan dasar hukumnya.

PENGAJIAN RUTIN PENGADILAN AGAMA 1

Mengakhiri ceramahnya, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara mengajak untuk ber-fastabiqul khoirot dalam merehab rumah Allah berupa musholla Pengadilan Agama Banjarnegara yang setiap kali kita manfaatkan ini.

Acara dilanjutkan dengan pembentukan panitia rehab musholla Pengadilan Agama Banjarnegara yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Darmudji SH. MH.

Setelah terbentuknya panitia acara pengajian ditutup oleh pembawa acara Dina Munawaroh S.Ag dengan bacaan hamdalah. (By; Arief. Humas PA.Ba).