Study Banding Tim IT PA Kajen Ke PA Banjarnegara

Tim IT Pengadilan Agama Kajen, hari Senin tanggal 16 Nopember 2015 berkunjung ke Pengadilan Agama Banjarnegara. Tim dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Kajen Drs. Subroto SH. MH.

Tim yang beranggotakan 6 orang tersebut terdiri unsur Hakim, Wapan, Panmud Gugatan dan Permohonan serta dari beberapa orang dari Admin PA. Kajen. Sesampainya di Pengadilan Agama Banjarnegara, Tim diterima oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Darmudji SH.MH. dan Ketua Tim IT PA Banjarnegara Drs. Khotibul Umam.

KUNJUNGAN PA KAJEN 2Dalam sambutannya, Wakil Ketua PA Banjarnegara menyampaikan selamat datang dapat berkunjung ke PA Banjarnegara dan menyampaikan salam dari Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH. MH. yang saat ini sedang terganggu kesehatannya dan sekaligus mohon doa agar diberi secepatnya diberi kesembuhan oleh Allah.

Ketua Tim IT PA Kajen dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas sambutannya yang begitu hangat dari Pengadilan Agama Banjarnegara. Ketua Tim juga menyampaikan kepada Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara untuk mohon keikhlasannya menyalurkan ilmu IT-nya kepada Tim dari PA Kajen.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut Tim ditunjukkan beberapa macam Aplikasi yang telah dihasilkan oleh Tim IT Pengadilan Agama Banjarnegara yang dalam hal ini disampaikan oleh Drs. Khotibul Umam selaku perancang APS di PA Banjarnegara dimana dari Antrian sidang yang sekaligus teritegrasi dengan sistem lainnya.

KUNJUNGAN PA KAJEN

Drs. Khotibul Umam dalam kesempatan tersebut menyampaikan APS yang ada di Banjarnegara tidaklah menyimpang dengan Siadpa yang selama ini dilaksanakan di Pengadilan Agama. Dari segi nama saja APS merupakan pendukung Siadpa yang dapat mengakomodir data-data dari antrian sidang sampai perkara tersebut BHT, yang kesemuanya mengarah kepada percepatan pelayanan terhadap masyarakat, bahkan saat ini PA Banjarnegara sedang merancang pemindai suara menjadi bentuk tulisan yang dapat membantu Panitera Pengganti untuk menyusun BAS (Berita Acara Sidang).

Kalau selama ini berkas yang berjalan dari pendaftaran sampai diterima oleh Ketua majelis, dengan APS ini data-lah yang berjalan yakni dari data digital ke data manual.

Di akhir presentasinya Drs. Khotibul Umam menyampaikan PA. Banjarnegara saat ini sedang merancang pemindai suara menjadi bentuk tulisan yang dapat membantu Panitera Pengganti untuk menyusun BAS (Berita Acara Sidang).

Setelah dilakukan pemaparan dan dialog dengan Tim IT PA. Kajen selanjutnya Tim melihat secara langsung Aplikasi-aplikasi tersebut yang kurang lebih berjumlah 30 item. (By. Arief; Humas PA.Ba).