UNTUK KITA RENUNGKAN

Salah satu kegiatan kerohanian yang dilaksanakan di Pengadilan Agama Banjarnegara adalah pengajian yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Kegiatan yang dilaksanakan di Musholla Al-Mahkamah (nama musholla di Pengadilan Agama Banjarnegara) ini diikuti oleh semua karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Banjarnegara mulai dari Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara sampai karyawan honorer.

Pengajian yang dilaksanakan pada hari Kamis tangal 26 Nopember 2015 bertindak selaku pembicara adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Darmuji SH. MH.

Dalam ceramahnya beliau mengemukakan tentang kedudukan kita sebagai manusia, beliau memberikan 3 pertanyaan yaitu dimana, dari mana dan mau kemana ? tiga pertanyaan yang menjelaskan tentang perjalanan hidup manusia, yang harus kita renungkan sejak awal. Dunia yang kita pijak sekarang ini adalah tanaman akhirat, apapun yang kita tanam didunia akan kita petik hasilnya diakhirat kelak, kita tanam kebaikan maka kita akan mendapatkan keuntungan dihadapan Allah dan jika menaman kejahatan maka kita menerima balasan berupa siksa dari Allah.

Lebih lanjut Wakil Ketua yang juga merupakan penanggung jawab rehab musholla Al-Mahkamah mengemukakan ada tiga hal yang tidak akan terputus pahalanya dihadapan Allah walaupun kita semua telah meninggal dunia, yaitu shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya. Berkaitan dengan shodaqah jariyah beliau mendorong agar kita semua ikut berpartisipasi dalam rehab musholla al-Mahkamah dimana hal tersebut merupakan tabungan kita yang sebenarnya dihadapan Allah swt.

Disamping itu mantan Wakil Ketua Pengadilan Agama Bojonegoro ini mengemukakan Allah telah menunjukan kepada kita tentang perdagangan yang dapat menyelamatkan kita dari siksa Allah swt. Salah satunya adalah jihad di jalan Allah baik dengan harta maupun jiwa kita.

Di akhir ceramahnya Hakim yang sudah 3 tahun bertugas di Banjarnegara ini kembali menegaskan agar kita semua dapat menisihkan sebagian rizki kita untuk rehab musholla yang tipa hari kita gunakan. Dilihat dari wajahnya para peserta pengajian nampaknya penasaran dan ingin bertanya namun karena saat itu waktu sudah menunjukkan 15.50 maka pengajian selanjutnya ditutup oleh pembawa acara Sudin S.Ag. (lap. Arief humas PA)