SOSIALISASI SIPP SE KOORDINATOR PENGADILAN AGAMA KARESIDENAN BANYUMAS

DSC_1286

     SIPP atau Sistim Informasi Penelusuran Perkara merupakan sistem baru pendataan dan informasi perkara yang akan diterapkan di 4 lingkungan peradilan. Bagi lingkungan Peradilan Umum, SIPP bukan barang baru, tetapi bagi Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Militer merupakan sesuatu yang baru. Untuk itu, semua badan peradilan di bawah Mahkamah Agung RI sedang berlomba-lomba untuk dapat menerapkan SIPP yang rencananya akan diberlakukan secara serentak pada awal Juli 2016.

DSC_1289

Sebenarnya lingkungan peradilan agama telah mengenal SIADPA Plus atau Sistem Informasi Administrasi Pengadilan Agama yang secara umum mirip dengan SIPP. Oleh karena sistem operasi dan data base berbeda dengan SIPP, maka penggunaan SIADPA Plus akan berakhir penggunaannya sampai akhir Juni 2016.

     5 Pengadilan Agama di wilayah eks Karesidenan Banyumas tidak mau ketinggalan dengan pengadilan lain untuk bisa menerapkan SIPP, sehingga admin dari masing-masing Pengadilan Agama belajar bersama di Pengadilan Agama Banjarnegara.

     Dalam kesempatan ini, KPA Banjarnegara, Drs. H. Abdul Malik Ibrahim, SH, MH, berharap agar para administrator SIPP masing-masing pengadilan belajar dengan sungguh-sungguh, meskipun dalam waktu yang sempit tidak mungkin bisa mencakup seluruh materi. Untuk itu, sosialisasi dan belajar bersama ini harus berkelanjutan, sehingga pada awal bulan Juli 2016 SIPP benar-benar dapat berjalan di masing-masing peradilan.