SIPP 3.1.1 Dalam Kemasan Cofe Morning Pemda Banjarnegara

Banjarnegara 28 Maret 2016 [caption id="attachment_3672" align="aligncenter" width="485"]22 (Asisten 1 Bupati Banjarnegara, Ketua Pengadilan Agama dan Ketua Pengadilan Negeri se Karesidenan Banyumas)[/caption] Bertempat di Pendopo Kabupaten Banjarnegara diadakan Kegiatan Sosialisasi Peradilan Berbasis Teknologi Informasi (IT). Kegiatan ini merupakan tugas lanjutan yang diterima oleh para pimpinan Pengadilan, baik Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri pasca mengikuti kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Penelusuran Perkara / SIPP (Case Tracking Systern/ CTS) versi 3.1.1 untuk Empat Lingkungan Peradilan di Wilayah Semarang pada 16 -18 Pebruari 2016 lalu. Sosialisasi ini terselenggara atas prakarsa Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara dan Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara bekerja sama Pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang dikemas dengan acara Cofe Morning bersamaan dengan Penandatanganan Komitmen Penerapan Pengendalian Gratifikasi.23

(Peserta)

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari 50 peserta lingkungan peradilan (baik Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri dari unsur Ketua, Panitera, Hakim, Panmud dan Admin) se Karesidenan Banyumas dan 50 peserta dari untur Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara (Kepala Dinas, Kepala SKPD, Advokat, Camat dan Sekretaris Camat serta Kepala BUMD se Kabupaten Banjarnegara.

  [caption id="attachment_3675" align="aligncenter" width="255"]Bupati Banjarnegara dalam sambutan Bupati Banjarnegara dalam sambutannya[/caption] Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo memberikan respon positif atas terselenggaranya acara hari. “Kegiatan ini merupakan mata rantai kegiatan Pelayanan Terpadu akhir 2015 lalu “. ujar Bupati Banjarnegara dalam sambutannya. 25   Pada tanggal 8 Desember 2015 telah diadakan Pelaksanaan Sidang Isbat Nikah Terpadu Pengadilan Agama Banjarnegara, Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara dan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Dalam kegiatan ini Pengadilan Agama Banjarnegara memfasilitasi Aplikasi Antrian berjenjang, dimulai dari Persidangan, Pengambilan Penetapan sampai dengan untuk antrian di Kemenag dan DinDukCapil. Disamping itu Ketua Pengadilan Negeri Banjarnegara Sukmawati dan Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto Purwanto memberi sambutan positif terhadap SIPP, serta Ketua Pengadilan Agama Purbalingga Hasanuddin memaparkan perbandingan antara Siadpa dan SIPP. “Direktori Putusan merupakan laman yang bisa diakses oleh masyarakat pencari keadilan kapanpun dan dimanapun berada untuk mendapatkan putusan/ penetapan, dengan kata lain akses terhadap output kinerja peradilan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan adanya SIPP versi 3.1.1 transparansi, layanan publik, akses informasi menjadi yang sebelumnya terkesan lambat tertutup dan menyebalkan”, tambah Admin SIPP Pengadilan Agama Banjarnegara Surachman yang sekaligus salah satu trainer di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Semarang.