KULTUM PERDANA DI MUSHOLLA AL-MAHKAMAH PENGADILAN AGAMA BANJARNEGARA

Banjarnegara | 22-04-201 a

Setelah diresmikan penggunaannya pada 11 Maret 2016, Mushollah al Mahkamah Pengadilan Agama Banjarnegara telah dimanfaatkan untuk shalat berjama’ah, baik waktu dhuhur maupun ‘ashar. Bahkan terkadang ketika shalat maghrib dan isya pun, mushallah ini tetap untuk berjama’ah bagi pegawai yang tidak pulang sore.

f

Setelah dibentuk kepengurusan baru, mushalla al Mahkamah mulai berbenah diri tidak sekedar untuk shalat, melainkan juga diadakan ceramah, siraman rohani, untuk meng-up grade keimanan dan pengetahuan keislaman para pegawai. Ceramah dikemas dalam bentuk kultum (kuliah tujuh belas menit) setiap Kamis sore setelah shalat ‘ashar yang dibawakan oleh para hakim dan pegwai yang dianggap mumpuni.

g

Mengawali kultum perdana, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara, Drs. H. Malik Ibrahim, SH, MH, membawakan tema disiplin pegawai dan peningkatan kinerja. Beliau mengharapkan keikhlasan semua pegawai untuk dapat shalat berjama’ah dan mengikuti kultum dengan baik. Shalat berjama’ah dan Kultum merupakan dua sisi yang saling mendukung untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang pada ujungnya akan melahirkan amal shalih, wa ‘amiluush shalihaat. Termasuk di antara amal shalih adalah melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing – masing pegawai dengan sebaik-baiknya.

b

e