Halal Bi Halal dan Perpisahan Panitera Penggati

banjarnegara | 01 Agustus 2016 halal_1437_01

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, suku jawa khususnya, untuk menyelenggarakan acara halal bi halal ketika bulan syawal tiba.

Sungkeman atau prosesi saling memaafkan dengan saling berkunjung dari rumah ke rumah untuk menghaturkan atau mengutarakan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuatnya di masa lalu dan memohon dimaafkan merupakan kebiasaan masyarakat yang sudah turun temurun. Bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka pun sungkeman sudah membudaya di lingkungan kraton Mangkunegaran Solo Hadiningrat.

Oleh karena itu, ketika di awal kemerdekaan Republik Indonesia masih terjadi perpecahan antar elit politik, sehingga disintegrasi bangsa sangat mungkin terjadi, K. H. Wahab Hasbullah mengusulkan kepada presidan Soekarno untuk menyelenggarakan acara Halal Bi Halal.

Kalau mereka diundang untuk menghadiri acara silaturahmi nasional, belum tentu ada sambutan baik, karena silaturahmi sudah lumrah, merupakan hal yang biasa. Tetapi karena undangannya bertajuk Halal Bi Halal maka mereka hadir dan ternyata bisa saling sungkem, bersilaturaahmi dan memaafkan antara satu dengan lainnya. Itulah sekelumit awal tausiyah yang disampaikan oleh Drs. H. Rohmat, MH.

halal_1437_03

Tak ketinggalan, dimana warga Pengadilan Agama Banjarnegara Kelas IA bertempat tinggal yang saling berjauhan, maka secara instansional Pengadilan Agama Banjarnegara Kelas IA menyelenggarakan pula acara Halal Bi Halal yang bertempat di basement pada Jum’at, 29 Juli 2016.

Dalam acara ini yang dirangkaikan pula dengan pelepasan 2 orang Panitera Pengganti. Sudarsono, SH yang dipromosikan menjadi Panitera Muda Permohonan di PA Banyumas dan Sudin, S. Ag sebagai Panitera Muda Permohonan di PA Purworejo. Drs. H. Malik Ibrahim, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Kelas IA, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas terseleggaranya acara ini, terima kasih pula kepada 2 orang Panitera Pengganti yang telah menunjukkan dedikasinya yang tinggi selama melaksanakan tugas.

halal_1437_02

Di samping itu, Ketua juga mengharapkan kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan atau setidak-tidaknya mempertahankan kinerjanya. Dan khusus untuk para hakim diingatkan perihal Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya agar benar-benar diterapkan mulai 1 Agustus 2016.

Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada Panitera Pengganti yang mutasi dan promosi serta salam-salaman dengan berjabat tangan semua pegawai secara berputar.