Pengadilan Agama Banjarnegara menuju ISO 9001:2015

Upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA terus menerus ditingkatkan. Pelayanan dimulai sejak pendaftaran perkara sampai penerbitan putusan/penetapan dan akta cerai.

Pada saat mereka datang mendaftar, mereka diperhadapkan dengan nomor antrean. Sesuai nomor urut antrean, satu per satu para pencari keadilan menghadap kepada Petugas Meja 1 untuk menyerahkan berkas dan diteliti kelengkapannya.

audit-iso-5

Demikian pula, untuk mengikuti persidangan mereka akan dipanggil oleh mesin pemanggil sesuai nomor urut antrean. Dalam pengambilan salinan putusan/penetapan dan akta cerai, nomor urut antrean juga digunakan. Dengan nomor urut antrean, pelayanan sesuai dengan cepat atau lambatnya mereka datang untuk mengantre sehingga tidak ada yang merasa didahului atau mendahului.

[gallery size="full" columns="2" ids="3907,3910,3911" orderby="rand"]

Dalam hal penyelesaian perkara dan tugas-tugas lainnya, semua pegawai berpedoman pada SOP (Standard Operational Procedure), dan peraturan perundangan lainya. Sehingga tugas-tugas dan tata kerja dilaksanakan sesuai dengan aturan main yang berlaku dan dapat dikontrol. Bahkan masyarakat luas pun dapat memantaunya melalui website.

Apa yang selama ini dilakukan oleh semua pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA telah dinilai baik berdasarkan kaca mata penilaian diri sendiri. Tentu tidak demikian bila yang menilainya adalah pihak lain dengan menggunakan kriteria dan parameter penilaian yang sudah baku. Maka sejak bulan Maret 2016 s.d September 2016 para pegawai telah berbenah diri, dan ternyata banyak hal yang harus dibenahi.

pemerisaan-iso-2

Hal-hal yang sudah baik dan sesuai dengan SOP tetap dipertahankan, dan yang belum diupayakan untuk disesuaikan, sehingga kelengkapan sarana dan prasanan dan daya dukungnya harus dipenuhi.

Adalah Selamat P. Hakim, auditor external, dari VCR Quality Excellent Jakarta pada Selasa, 22 September 2016, telah melakukan serangkaian audit terhadap tata kelola administrasi dan implementasinya serta sarana pendukungnya.

pemerisaan-iso-3

Audit dilakukan dengan cara melihat langsung SOP dan administrasi lainnya, wawancara dengan para petugas dan observasi lapangan. Dari serangkaian audit yang telah dilakukannya tidak ditemukan ketidak sesuaian minor maupun mayor. Untuk itu, auditor external menyatakan bahwa Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA berhak mendapatkan Sertifikat ISO 9001 : 2015.

audit-isov4

Dalam kesempatan ini, Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA, Drs. H. Malik Ibrahim, SH, MH, mengucap syukur ke hadirat Allah SWT dan berterima kasih kepada seluruh pegawai yang telah sama-sama berjuang, berusaha bekerja sesuai dengan tata kelola yang seharusnya sehingga mutu pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi.

audit-iso

Dengan semboyan : "hari ini lebih baik dari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini maka mutu pelayanan harus selalu ditingkatkan."