Pengadilan Agama Banjarnegara Sosialisasikan Aplikasi Pembuatan Surat Gugatan Online

Pengadilan Agama Banjarnegara, Selasa (18/4/2017) melakukan kegiatan sosialisasi Aplikasi Pembuatan Surat Gugatan Online dalam rangka peningkatan pelayanan untuk mewujudkan "Justice For All" di hadapan Bupati dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Dipayuda Adigraha dan dikemas dalam agenda Coffee Morning yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banjarnegara serta disiarkan secara langsung melalui Radio Suara Banjarnegara.

"Aplikasi Pembuatan Surat Gugatan Online adalah salah satu fasilitas yang diberikan Pengadilan Agama Banjarnegara yang memungkinkan masyarakat pencari keadilan di Banjarnegara untuk membuat Surat Gugatan / Permohonan secara mandiri. Fasilitas Pembuatan Surat Gugatan Online membimbing penggunanya dari memilih jenis perkara, mengisikan data-data sampai dengan menghasilkan surat gugatan / permohonan siap cetak yang merupakan salah satu syarat mengajukan perkara di Pengadilan Agama Banjarnegara.", ungkap Drs. H. Rohmat, M.H.

Hakim Pengadilan Agama Banjarnegara ini menambahkan, bahwa fasilitas ini bisa diakses di alamat http://www.gugatan-online.pa-banjarnegara.go.id diberikan kepada masyarakat bukan tanpa sebab, tetapi fasilitas ini untuk menjawab pengaduan yang diterima Pengadilan Agama Banjarnegara yang pada intinya adalah mempertanyakan kenapa ketika mendaftarkan perkara di Pengadilan Agama harus menggunakan jasa dari Advokat / pengacara terlebih dahulu (dalam membuat surat gugatan / permohonan).

Berbagai pertanyaan, saran dan masukan dari hadirin dan masyarakat yang dikirimkan secara on line langsung ditanggapi secara interaktif.

Dalam kesempatan yang berbeda Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H. menjelaskan, bahwa selain masyarakat bisa membuat surat gugatan / permohonan dari tempat tinggalnya masing-masing, masyarakat pencari keadilan juga bisa menggunakan 1 unit komputer beserta printer yang telah disediakan di Kantor Pengadilan Agama Banjarnegara khusus untuk fasilitas ini. Beliau menambahkan, bahwa fasilitas Pembuatan Surat gugatan / permohonan online ada demi peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.