Pengawasan Regular oleh PTA Jawa Tengah Tahun 2017 di PA Banjarnegara

Rabu 3 Mei 2017, Tim Pengawasan Regular Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah (PTA Jawa Tengah) hadir di Pengadilan Agama Banjarnegara (PA Banjarnegara). Tim yang diketuai oleh Drs. H. Misbachul Munir, S.H. (Hakim Tinggi), Drs. H. Abu Bakar, S.H., M.H. (Hakim Tinggi) sebagai anggota, serta didampingi oleh Drs. H. Parikhi, S.H., M.H. (Panitera Pengganti) dan Ali Chumaedi, S.H. (Kasubag Kepegawaian dan TI).

Tim ini diutus oleh Ketua PTA Jawa Tengah dalam rangka tertib administrasi baik dalam bidang Keperkaraan maupun Kesekretariatan dan dijadwalkan melaksanakan tugasnya 3 sampai dengan 5 Mei 2017 di PA Banjarnegara.

Ketua PA Banjarnegara (Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H.) menyatakan sebelum memeriksa berkas-berkas, beliau mempersilahkan Tim untuk meninjau bidang Pelayanan kepada masyarakat, mulai dari Pendaftaran sampai dengan arsip berkas perkara yang ditunjang dengan Teknologi Informasi yang sudah memadai.
"Semua pelayanan di PA Banjarnegara harus melalui antrian, baik pendaftaran, konsultasi/ Meja Informasi, sidang, maupun pengambilan akta cerai. Hal ini merupakan wujud usaha kami untuk tertib administrasi. Kita juga menyediakan fasilitas Pembuatan Gugatan Mandiri yang bisa diakses dari kantor maupun online. Bahkan Drs. H. Abu Bakar, S.H., M.H. telah membuktikan fasilitas Pembuatan Gugatan Mandiri, dengan dipandu oleh petugas kami" ungkap Drs. Malik Ibrahim, S.H., M.H.

 

"Berapakah petugas pencatat Buku Register Perkara, dan  bagaimana sistem pencatatan Buku Register di PA Banjarnegara?", tanya Ketua Tim (Drs. H. Misbachul Munir, S.H.) kepada petugas pencatat register.
"Kita ada 2 orang pak, dan kami menulis dengan menyalin data dari data dikomputer, baik untuk penundaan sidang maupun amar putusan yang dikirim dari ruang sidang, kecuali bagi amar putusan yang khusus yang biasanya sudah diberikan keterangan 'belum lengkap'", jawab petugas register perkara.

 
(dari kiri : Drs. H. Parikhi, S.H., M.H., Ali Chumaedi, S.H., Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H., Drs. H. Misbachul Munir, S.H., dan Drs. H. Abu Bakar, S.H., M.H.)

"Tim sudah memeriksa 3 berkas dan mohon kepada Ketua PA Banjarnegara beserta jajarannya untuk menindaklanjuti hasil temuan tim tersebut dan teruslah meningkatkan pelayanan masyarakat", pesan Ketua Tim Pengawasan.

Dibidang umum Ali Chumaedi, S.H. berpesan agar mengusulkan penambahan Ruang Tunggu bagi masyarakat, karena beliau memperkirakan dibulan-bulan syawal Ruang Tunggu PA Banjarnegara tidak cukup untuk menampung masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Selain itu juga POS Satpam yang saat ini belum ada untuk diusulkan pula.