Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di PA Banjarnegara

Untuk pertama kali, upacara memperingati hari Lahir Pancasila digelar di halaman kantor Pengadilan Agama Banjarnegara. Seperti kita ketahui bersama, sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila ditetapkan bahwa setiap tanggal 01 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila, setiap tanggal 01 Juni merupakan hari libur nasional, dan pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 01 Juni. Dan sebagai bagian dari instansi pemerintah, kegiatan upacara kali ini sebagai tindak lanjut dari peringatan tersebut.

Upacara dimulai sekira pukul 7.45 pagi dan diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, pejabat fungsional dan struktural, serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara. Berbeda dengan kegiatan upacara lainnya, kali ini pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.
Selesai membacakan sambutan Presiden RI yang Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H. berpesan agar seluruh aparatur Pengadilan Agama Banjarnegara untuk mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat.