Orientasi Teknologi Informasi IT PA se-Jawa Tengah

Dalam sambutannya Pansek PTA Semarang menyampaikan bahwa keterbukaan akses terhadap informasi dunia peradilan menjadi perhatian khusus dalam peningkatan opini positif terhadap dunia peradilan khusunya Mahkamah Agung, karena dengan IT yang bagus dan akses yang mudah terhadap informasi peradilan maka otomatis peningkatan pelayanan dibidang hukum akan semakin maksimal.

it4

Para peserta menyimak pemateri dengan seksama

Wakil Sekretaris PTA Semarang, Drs. H. Arifin Syamsurijal, SH sebagai pemateri dalam session SOP Kebijakan IT Pengadilan Agama se-Jawa Tengah menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan website di tiap ? tiap Pengadilan Agama harus dibuat SK Tim IT, dimana dalan SK Tersebut harus ada Penanggung Jawab Tupoksional dan Penanggung Jawab Informatif, hal ini penting untuk menjamin validitas informasi yang disajikan dalam website, jadi walaupun yang melakukan input konten dalam website adalah admin, tetapi segala sesuatu yang dimasukkan dalam website harus sudah mendapatkan persetujuan dari penanggung jawab, baik yang bersifat tupksional maupun informatif.

Arifin Syamsurijal juga menyampaikan bahwa PTA sangat memberikan perhatian dalam perkembangan Website di Pengadilan Agama dengan dialokasikannya belanja modal untuk pengadaan PC baru di tiap ? tipa Pengadilan Agama rata ? rata sebanyak 6 unit, disampin itu juga telah dianggarkan untuk belanja rutin pemeliharaan peralatan dan mesin yang termasuk didalamnya komputer, laptop, Server, modem, dll, belanja langganan hosting dan keperluan langganan jasa internet, sehingga diharapkan keberlangsungan website di tiap Pengadilan Agama menjadi semakin maju. Arifin Syamsurijal juga menambahkan bahwa mulai Februari 2011 PTA melalui Hakim Tinggi Pengawas Daerah dan tim IT juga akan memantau perkembangan update website tiap Pengadilan Agama secara periodic dehingga hal tersebut diharapkan dapat mengkondisikan Website di tiap Pengadilan Agama semakin eksis.

it3

Eko Sambudhi, ST selaku Pemateri memberikan Materi

Selanjutnya dilakukan penyampaian materi tentang Standar Operating Prosedure Teknis Standarisasi Website Pengadilan Agama Se-Jateng, SOP Penambahan Menu Website dan tata cara Pengisian Menu Website yang disampaikan oleh Eko Sambudhi, ST dan Mohammad Roy Irawan, S.Kom yang didukung oleh tim IT PTA Semarang yaitu : Drs. Kurniawan Effendi Putra, SH; Digdaya Andana; Alfa Sakan, SE; Widodo Arif Wicaksono, S.Kom dan Akbar Syaiful.

it5

Mohammad Roy Irawan, S.Kom menyampaikan materi

Acara ditutup dengan pemberian tugas mandiri yang diharapkan dalam satu bulan ke depan semua website Pengadilan Agama sudah sesuai standar yang ditetapkan dan selalu update sehingga informasi yang diluncurkan di website masing ? masing Pengadilan Agama selalu segar dan terjamin validitasnya. (aksyai)