finger print

Pengadilan Agama Banjarnegara Terapkan Absensi Sidik Jari

Bajarnegara - www.pa-banjarnegara.go.id (02/03/11)

Pegawai negeri sipil (PNS) di Pengadilan Agama Banjarnegara, mulai Selasa (1/3) diwajibkan absen dengan menggunakan sidik jari. Penerapan absen tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan disiplin kerja PNS.

Mesin absensi sidik jari (finger print) itu dipasang di Bagian ruang depan Pengadilan Agama Banjarnegara dan absensinya sendiri dilakukan dua kali, yakni pagi jam 07.30 WIB dan sore hari 16.00 WIB untuk hari senin sampai kamis. Untuk hari jumat, pagi dimulai jam 07.00 WIB dan sore hari jam 16.00 WIB.


dna

Seorang PNS sedang menggunakan ?finger print?

Penerapan sistem absensi itu bertujuan menciptakan dan mendorong kedisiplinan PNS terutama di lingkungan dibawah Mahkamah Agung melalui Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Dan kebijakan ini diambil agar mampu berimbas terhadap tercapainya peningkatan kinerja dan etos kerja pegawai.

Untuk persiapan, seminggu sebelumnya, PNS di Pengadilan Agama Banjarnegara juga sudah diambil sidik jari guna dijadikan sebagai data base absen. Absensi sidik jari dinilai efektif karena tidak bisa dimanipulasi sebab para PNS harus hadir sendiri untuk melakukan absen.

Beberapa PNS mengaku masih belum familiar dengan Absensi sidik jari ini. Tetapi mereka menyatakan mendukung hal tersebut untuk meningkatkan displin dan kinerja kerja. (fat)