Pengajian

dUA kALIMAT yANG sANGAT dICINTAI ALLAH

(Pengajian sore Pengadilan Agama Banjarnegara)

webnngaji1

Drs.H.Moh. Faizin, SH,MH (tengah) saat memberi cermah sore PA Banjarnegara

www.pa-banjarnegara.go.id

Pengajian, sebuah kata yang sering kita dengar dalam keseharian kita, bukan hanya lewat kata-katanya saja kita paham kita pun tentunya sudah paham apa dan bagaimana sebuah pengajian itu. Banyak sekali hal-hal yang dapat kita petik dari sebuah pengajian, kita yang sehari-hari disibukkan dengan urusan pekerjaan (urusan jasmani) tentunya memerlukan pula masukan-masukan lain yang berhubungan dengan kerohanian. Kadang saking sibuknya kita memberi makan jasmani sampai melupakan sesuatu yang penting yaitu makanan rohani.

Dan tidak seperti makanan jasmani, makanan rohani ini memerlukan kondisi lingkungan yang khusus atau suasana yang mendukung, dimana kita harus benar-benar siap untuk menerima hal tersebut.

Sebagai contoh kita sehari-hari sedang sibuk berkerja dikantor, kemudian ada salah seorang rekan kerja kita tiba-tiba menyuruh kita berzakat. Atau misalkan kita sedang mengetik di depan komputer kemudian ada rekan kita yang berbaik hati memberi masukan kepada kita untuk berdzikir, kemungkinan besar masukan-masukan tersebut akan mendapatkan timbal balik yang kurang menyenangkan, bahkan mungkin hasilnya bertolak belakang dari tujuan semula. Satu hal yang kurang dalam hal tersebut yaitu kondisi si penerima yang tidak siap menerima masukan tersebut. Akan lain ceritanya jika masukan tersebut diberikan dalam kondisi yang baik penerima maupun yang memberi sama-sama siap.

Untuk mensiasati hal yang demikian Pengadilan Agama Banjarnegara mengeluarkan kebijakan mengadakan pengajian rutin satu bulan sekali.

Dengan adanya wadah pengajian seperti ini tentunya akan sangat membantu dalam menciptakan suasana atau kondisi lingkungan yang mendukung dalam pemberian makan rohani ini.

webngaji2

Ibu-ibu sedang mendengarkan materi dari penceramah

Kamis 07/04/11 seperti biasa Pengadilan Agama Banjarnegara mengadakan pengajian rutinnya, biasanya pengajian dilaksanakan sore hari sebelum jam pulang kantor yaitu sekitar pukul 15.30 WIB. Pengajian kali ini diisi oleh hakim Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. MOH FAIZIN, SH,MH.

Dalam ceramahnya yang dibumbui joke-joke segar beliau mengawali dari sebuah hadist yang artinya ?tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Ku?. Beliau menambahkan: dalam rangka beribadah kepada Tuhannya, manusia hidup di dunia seyogyanya harus selalu berbekal, karena dunia hanya merupakan sebuah perantara, makanya kita harus selalu memperberat timbangan amal baik kita, agar kita tidak menjadi manusia yang merugi. Beliau juga memberikan tips-tips untuk memperberat timbangan amal kebaikan kita yaitu dengan dua kalimat yang sangat dicintai Allah, ringan dilidah kita artinya kita tidak akan merasa keberatan jika melaksanakannya, tapi walau demikian dua kalimat ini berat timbangan kebaikannya disisi Allah,

Yaitu subhanallah wa bi hamdi subhanallah hil adzim. Pangajian yang di ikuti segenap pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara ini berakhir sekitar pukul 16.00 dengan ditutup dengan doa semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang muflihun (beruntung).