Pemeriksaan dan Pengawasan PTA Semarang di Pengadilan Agama Kelas 1.A Banjarnegara

Setelah pemeriksaan tersebut selesai dilakukan, Tim Pengawas mengekspose hasil pemeriksaan di depan Ketua Pengadilan Agama Kelas 1.A Banjarnegara, semua Pejabat dan Staf Pengadilan Agama 1.A Banjarnegara yang bertempat di ruang sidang lama . Secara global yang perlu dipahami bahwa administrasi perkara itu selalu terkait kepada Pola Bindalmin yang menyangkut 5 pola yaitu Pola Penerimaan Perkara, Register Perkara, Keuangan Perkara, Pelaporan perkara dan Kearsipan Perkara, karena saat ini kita (Pengadilan) dituntut adanya keterbukaan informasi kepada pencari keadilan oleh karena itu harus adanya transparansi dalam pengelolaan biaya perkara. Untuk Pengadilan Agama Kelas 1.A Banjarnegara saat ini telah melaksanakan dengan baik, dan sudah melaksanakan keterbukaan informasi tentang apa saja yang menyangkut biaya-biaya yang dipungut pengadilan dari proses perkara sampai perkara putus.

Pemeriksaan di Pengadilan Agama Kelas 1.A Banjarnegara berjalan lancar, dan menurut Ketua Tim Pengawas ada temuan positif seperti banyaknya perkara permohonan perubahan data identitas dalam surat nikah, meskipun ada temuan yang masih perlu diperbaiki. Secara umum tugas administrasi kesekretariatan PA Kelas 1.A Banjarnegara sudah dilaksanakan dengan baik, namun diharapkan kedepan agar dapat ditingkatkan ketelitiannya. Kepada para petugas Administrasi Perkara maupun administrasi umum agar melaksanakan tugas dengan baik, proporsional dan menjadi petugas yang professional.

Ketua Pengadilan Agama Kelas 1.A Banjarnegara menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan pengawasan dan pembinaan oleh Tim Pengawas PTA Semarang, karena dengan adanya pengawasan dan pembinaan maka semua tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi dan akan segera menindaklanjuti temuan yang disampaikan oleh Tim Pemeriksa. Sehingga kedepannya Pengadilan Agama Kelas 1.A bisa berkembang menjadi lebih baik.