Workshop SAPK dan SIMKEP Kepegawaian PTA Semarang

WORKSHOP SAPK & SIMKEP

KEPEGAWAIAN SE - PTA SEMARANG

{gallery width=150 height=150}simpeg{/gallery}

Semarang, 11 Oktober 2011 | pta-semarang.go.id

Dengan menggandeng narasumber dari BKN Kanreg Yogyakarta dan Mahkamah Agung, PTA Semarang mengadakan "Kegiatan Peningkatan Kemampuan SDM Bidang Kepegawaian Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah" di Quest Hotel. Kegiatan yang berlangsung 2 hari ini (11-12 Oktober 2011) dihadiri oleh 72 peserta yang terdiri dari KaUr/Kasubbag Kepegawaian dan operator kepegawaian Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah.

Sambutan Wakil Ketua PTA Semarang

Dalam sambutannya Wakil Ketua PTA Semarang mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sehingga pada gilirannya nanti akan mengangkat harkat dan martabat Pengadilan secara keseluruhan. Pegawai diharapkan untuk mengerti posisi dan fungsi, sehingga tidak usah menunggu perintah namun bisa melaksanakan tugas dengan baik.

"Personel harus mempunyai semangat dan jangan "melempem" pada kedua bidang administrasi pengadilan. Baik administrator yudisial maupun non-yudisial harus paham peraturan dan alur pekerjaan", lanjut pak Waka PTA.Penilaian dan pertimbangan pegawai tidak hanya melihat pangkat dan senioritas namun juga kemampuan yang bersangkutan. Pada akhir sambutannya pak Waka menyampaikan, "Ikuti pelatihan ini sebaik-baiknya bukan ngikuti doang, harus paham dan implementasikan di kantor masing-masing".


Setelah sambutan dan pembukaan dari Waka PTA Semarang acara dilanjutkan oleh para pemateri.Pemateri antara lain Budi Haryono, S.Kom dari BKN Kanreg I Yogyakarta, dan Fajar Andriansyah, A.Md dari Biro Keuangan MA yang mengisi sesi hari pertama. Pada hari kedua dilanjutkan oleh Kasubdit Evaluasi dan Data Badilag yaitu Durminto, S.Kom.

Pemaparan SAPK dari BKN Kanreg Yogyakarta.

Dalam pemaparannya Budi Haryono menjelaskan kronologis munculnya aplikasi pelayanan kepegawaian seperti SAPK. SAPK muncul sebagai wadah pelayanan bagi pegawai dalam mengakses informasi kepegawaian, sehingga setiap pegawai nantinya akan dapat mengetahui waktu-waktu kenaikan pangkat, KGB dan lain sebagainya. Pada akhir materi, Budi Haryono masih sempat memberikan bahan materi berupa buku saku sapk yang dapat didownload disini.


Pemaparan SAPK dari Biro Kepegawaian Mahkamah Agung

Fajar Andriansyah sebagai pemateri berikutnya memberikan penjelasan mengenai alur SAPK pada Mahkamah Agung. Penjelasan dari masalah hak akses sampai kemungkinan pelaporan disampaikannya kepada para peserta. Feed back peserta yang memberikan pertanyaan teknis SAPK sehingga mirip coaching clinic juga dilayani oleh Fajar. Sampai pukul 22.30 materi SAPK Mahkamah Agung ini diakhiri.


Pemaparan SIMKEP dari Badilag.

Keesokan harinya (12/10) Kasubdit Evaluasi dan Data Badilag Durminto, S.Kom. giliran memaparkan aplikasi sistem informasi kepegawaian SIMKEP. Dalam sesi ini terungkap banyaknya masalah teknis yang dibawa perserta untuk dapat diselesaikan pada acara ini. Registrasi admin dan hak akses merupakan masalah yang mendominasi pada sesi SIMKEP ini. Namun pada akhir acara Durminto berhasil menyelesaikan masalah teknis tersebut dan kemudian memvalidasinya. Pada akhir sesi Durminto memaparkan Pengadilan-pengadilan Agama se-Jawa Tengah telah tervalidasi secara keseluruhan.


Kegiatan ditutup oleh Wakil Sekretaris PTA Semarang Drs. H. Arifin Samsurijal, SH tepat pukul 13.00 (54m)