PENGAWASAN TAHAP III PTA SEMARANG DI PA BANJARNEGARA

PENGAWASAN TAHAP III PTA SEMARANG

DI PA BANJARNEGARA


Banjarnegara | pa-banjarnegara.go.id | (21/11)

Dalam rangka untuk meningkatkan kinerja lembaga peradilan, Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang pada hari Senin tanggal 21 Nopember 2011 melalui Tim Pengawasnya yakni Drs. H. Slamet Jufri, MH selaku Ketua Tim, Drs. H. Djamhuri Ramadhan, SH, Muhammad Dardiri, SH., Suyadi, SH.,MH. Masing-masing sebagai Anggota, melakukan pemeriksaan dan pengawasan reguler di Pengadilan Agama Banjarnegara.
{gallery width=150 height=150}pem t 3{/gallery}

Pemeriksaan dilaksanakan di ruang Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara dan namun ada juga pemeriksaan yang dilakukan di ruang  kesekretariatan. Dalam kesempatan kali ini Tim Pengawas dari PTA telah memeriksa berkas perkara yang di tangani oleh Ketua Majelis Drs. MOCH. SOMANTRI dan Hj. FARICHAH, SH. terhadap aspek-aspek penting dari berkas perkara tersebut serta semua register pembukuan dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan obyek pemeriksaan. Sedangkan pemeriksaan meliputi beberapa aspek yaitu : Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara, Teknis Persidangan, dan Kinerja Pelayanan Publik. Pemeriksaan selesai sekitar pukul 11.30 WIB

{gallery width=150 height=150}exam t 3{/gallery}
Sekitar pukul 13.00 dilanjutkan dengan ekspose hasil pemeriksaan dari Tim Pengawas PTA Semarang yang bertempat di ruang sidang PA Banjarnegara dengan dihadiri oleh KPA Banjarnegara serta semua Pejabat dan Pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara.

Ketua Tim pengawas Drs. H. Slamet Jufri, MH menyampaikan untuk bidang administrasi perkara Pola Bindalmin di PA. Banjarnegara sudah baik, namun demikian masih masih ada temuan-temuan kecil yang perlu kiranya diperbaiki yang disebabkan perlunya ketelitian oleh Majelis Hakim dan Panitera Pengganti, oleh karena itu perlu diperbaiki. Tetapi secara keseluruhan Pengadilan Agama Banjarnegara saat ini telah melaksanakan dengan baik dan telah ada peningkatan/tindak lanjut dari pemeriksaan yang sebelumnya, namun demikian diharapkan kedepan agar dapat lebih ditingkatkan ketelitiannya.

Selanjutnya untuk bidang administrasi kesekretariatan PA Banjarnegara sudah dilaksanakan dengan baik dari pengawasan dan pemeriksaan sebelumnya. Kepada para petugas Administrasi Perkara maupun administrasi umum agar melaksanakan tugas dengan baik, proporsional dan menjadi petugas yang professional.

Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan pengawasan dan pembinaan oleh Tim Pengawas PTA Semarang, karena dengan adanya pengawasan dan pembinaan maka tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi dan akan segera menindaklanjuti temuan yang disampaikan oleh Tim Pemeriksa. KPA Banjarnegara juga mengharapkan kita tidak terlena dengan adanya peningkatan tersebut, tetapi harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga kekurangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas dapat diminimalisir, sehingga kedepannya Pengadilan Agama Banjarnegara bisa berkembang menjadi lebih baik dalam pelayanan hukum.