Rakor Ketua dan Pansek PA se Jateng

 

Dalam kesempatan ini Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Bapak Drs. H. Chatib Rasyid, S.H, M.H didampingi oleh Wakil Ketua Bapak Drs. H. Mujtahiddin, SH, MH dan Pansek Bapak Drs. Djuhrianto Arifin, SH, MH, Menegaskan bahwa Kondusifitas kerja di masing-masing Pengadilan Agama antara para pimpinan dengan staf sangatlah penting guna menunjang kinerja dan kemajuan lembaga. “untuk itu para Ketua dan Pansek harus memberikan contoh suri tauladan yang baik serta memberikan suport dan melakukan kontroling secara berkala kepada bawahannya” ujar beliau. Para Ketua dan Pansek juga dihimbau agar melakukan pembinaan secara berkala serta mampu membuat suatu kebijakan dengan tetap memperhatikan kondusifitas seluruh pengawai pengadilan.

 

Peningkatan SDM dan Pemanfaatan TI

Upaya pengingkatan SDM aparatur pengadilan dibidang kepaniteraan, yang perlu dilakukan adalah peningkatan etika aparatur  peradilan terutama yang berkaitan dengan para pencari keadilan mulai dari pendaftaran hingga penyelesaian perkara. Para Ketua dan Pansek diharapkan melakukan pembinaan secara berkara kepada para Hakim dan Panitera Pengganti dalam hal penyusunan putusan dan pembuatan Berita Acara Pemeriksaan. Ketika perkara sudah putus yang tidak kalah penting adalah minutasi berkas perkara apakah sudah dimasukan dalam box perkara atau belum. Dalam bidang kesekretariatan yang paling penting untuk  diperhatikan adalah mengenai peningkatan disiplin pegawai, penyerapan anggaran, serta inventarisasi barang milik negara.

Teknologi informasi adalah sesuatu yang mutlak dibutuhkan pada masa ini.  Dalam melaksanakan tupoksi baik kepaniteraan maupun kesekretariatan keberadaan TI sangatlah membantu. Contohnya saja SIADPA sebuah program yang diciptakan guna menunjang pola Bindalmin yang telah lama ada dan dipakai di Pengadilan Agama. Selain itu adanya website masing-masing pengadilan Agama mempermudah koordinasi dan monitoring Pengadilan Tinggi Agama Semarang ke semua Pengadilan Agama diwilayahnya. Semoga kita semua dapat memanfaatkan TI dengan sebaik-baiknya guna kemajuan lembaga. Amin. (AD)