rapat koordinasi wapan

 

 

Dalam kegiatan rapat koordinasi kali ini Panitera Muda Banding Pengadilan Tinggi Agama Semarang Bapak Fahrur, SHI juga menyampaikan bahwa sasaran yang harus dicapai dalam tupoksi aparat Pengadilan Agama khususnya Wapan adalah terwujudnya kepuasan dari para pencari keadilan. Kepuasan itu bisa bermacam – macam dan kesemuanya harus dimaksimalkan pelayanannya baik itu kepuasan dalam kinerja, kepuasan dalam akses informasi atau bahkan kepuasan dalam memutus perkara secara profesional. Para Wapan juga sebisa mungkin menerapkan managemen islami sebagaimana sifat Rasulullah SAW : Sidiq, Tabligh, Amanah, Fathonah.

 

Wapan mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap semua tugas – tugas Kepaniteraan, begitu yang disampaikan Panitera Muda Hukum PTA Semarang Bapak Mohammad Dardiri, SH. Beliau juga mengingatkan kembali bahwa Wapan sebagai penanggung jawab para Panitera Muda di tiap satker, sehingga diharapkan Wapan bisa menjadi problem solver bagi kendala-kendala di setiap satker terkait pelaporan data, dll.

 

Dalam rapat koordinasi tersebut, Wakil Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang Bapak Drs. H. Arifin Samsurijal, SH juga tampil sebagai pemberi Materi. Beliau menyampaikan bahwa Wapan seharusnya bisa mengoptimalkan fungsinya sebagai pencetus ide-ide briliant dan pengakomodir ide-ide “segar” dari seluruh jajarannya terkait peningkatan kinerja di tiap satker. Lebih lanjut Beliau menyampaikan bahwa menyusun petunjuk teknis kinerja secara konseptual bagi tupoksinya dan tupoksi bawahannya sehingga outcome dari tupoksi kepaniteraan bisa tercapai secara optimal. Diantara outcome yang harus dicapai Wapan adalah terlaksananya kegiatan pelayanan administrasi perkara dan peradilan sesuai dengan program kerja, meningkatnya wawasan dan profesionalisme pelaksanaan tugas jajaran kepaniteraan dan meningkatnya pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan.

 

Kegiatan rapat koordinasi Wapan ini tidak akan berhenti sampai di sini saja, pada beberapa pekan ke depan telah direncanakan Rapat Koordinasi Wapan tahap II untuk mengupas tuntas mengenai Bindalmin dari segala aspeknya dan terapannya pada SIADPA/SIADPTA. Semoga niatan baik ini mendapat dukungan penuh dari segenap Civitas Pengadilan Agama dan semoga kita semua dapat memanfaatkan Rapat Koordinasi ini dengan sebaik-baiknya guna mencapai cita – cita menjadi TOP Kepaniteraan di Jawa Tengah. Amin. (Aksyai)