SIDANG PERDANA DI KANTOR UPK WANAYASA

 

Pengadilan Agama Banjarnegara melaksanakan sidang keliling untuk pertama kali di tahun 2013. Tepatnya pada tanggal 20 Pebruari 2013 Menurut Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Damsyi, MH, bahwa dalam rangka meringankan masyarakat pencari keadilan, pada akhir tahu 2012 Pengadilan Agama Banjarnegara telah merencanakan sidang keliling bagi yang lokasinya jauh dari Pusat kota.

Pelaksanaan sidang keliling Pengadilan Agama Banjarnegara ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Nomor: W11-A5/0031/HK.0.5/I/2013 tanggal 2 Januari  2013 tentang Penunjukan Majelis Pengadilan Agama Banjarnegara.

Majelis Hakim dan pegawai yang ditunjuk dan ditugaskan dalam pelaksanaan sidang keliling adalah Drs. Khotibul Umam (Ketua Majelis), Drs. Amir, SH (Hakim Anggota), Drs. H. Ahmadi, MH(Hakim Anggota). Hidayati, SH.(Panitera Pengganti) Mahdur, SH.(bagian Akte Cerai),   Rahman, A.md (Bagian Pendaftaran), Wahyu Wibowo (Satpam) dan Supardi (Pramu Bakti).

Menurut Drs. Aziz Nur Eva, Wapan Pengadilan Agama Banjarnegara, langkah-langkah dan persiapan yang diambil sebelum pelaksanaan sidang keliling adalah survey wilayah yang jauh dan sulit dijangkau kemudian ditetapkan 6 wilayah kecamatan yang terletak di bagian Utara wilayah Kabupaten Banjarnegar yang berbatasan dengan Wilayah Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Wonosbo, Kabupaten Purbanlingga yaitu : Kecamatan Pandanarum, Kecamatan Kalibening, Kecamatan Wanayasa, Kecamatan Pejawaran, Kecamatan Batur dan Kecamatan Karangkobar sebagai wilayah yang akan menikmati fasilitas sidang keliling.

Kemudian sebelum  mendapatkan Gedung yang akan dipakai untuk sidang keliling, Pengadilan Agama Banjarnegara telah berkoordinasi terus menerus dengan Muspika Wanayasa dengan harapan pelaksanaan sidang keliling dapat dilaksanakan dengan lancar.

Pada tanggal 18 Pebruari 2013 dengan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama , rombongan yang terdiri dari Wakil Ketua, Panitera, dan Majelis Hakim telah melakukan pengecekan lansung tentang kesiapan sarana dan prasarana sidang keliling yang dipusatkan di Kantor UPK Kecamatan Wanayasa. Semua pembiayaan sidang keliling dibebankan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Pengadilan Agama Banjarnegara Tahun Anggaran 2013, tambahnya.

Sebelum Persidangan Perdana dimulai dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz H. Ahmadi, MH, semoga pelaksanaan sidang keliling berjalan lancar. Amin. (M. Hudan).